Minggu, 24 Februari 2013

wujud salah satu monster hewan laut


monster laut
Dengan kedalaman yang tersembunyi di bawah laut, banyak yang meyakini bahwa banyak juga keberadaan yang belum terkuak oleh manusia hingga saat ini. Beberapa waktu yang lalu, salah satu institut peneliti kelautan di Kopenhagen, Denmark berhasil mengeksplorasi salah satu dari sekian banyak hewan laut atau ‘monster laut’ yang belum diketahui sebelumnya. Dalam temuannya ini, hewan laut tersebut memiliki wajah yang sedikit mengerikan, yang kemudian dikategorikan ke dalam spesies Polychaetes (cacing skala). Dengan panjang tubuh yang hanya berukuran 30cm, hewan ini hidup di tempat yang sama sekali tidak terjangkau oleh sinar matahari. Dari detil gambar yang diperoleh, menunjukkan bahwa hewan yang ber-ekosistem di kedalaman ribuan meter dibawah laut ini memiliki mulut yang dapat keluar-masuk untuk melumat makanan disekitarnya. Dalam penelitian tersebut juga menemukan adanya komunitas ‘monster laut’ dan hewan laut lainnya yang tinggal di retakan bekas gempa di dasar laut atau disebut dengan istilah ventilasi hidrothermal.
Ventilasi atau retakan ini umumnya mengeluarkan air dengan suhu yang sangat panas dimana daerah sekitaran menjadi tempat huni bagi ‘monster laut‘ ini. Mereka hidup dengan memakan bakteri dan organisme yang disemburkan oleh air panas dari ventilasi hidrothermal. Hewan ini mampu bertahan dan hidup tanpa sinar matahari disebabkan oleh adanya hubungan simbiosis yang aneh antara zat kimia dan bakteri di sekitar ventilasi. Hal ini menunjukkan betapa uniknya kehidupan makhluk – makhluk laut tersebut yang -mungkin- tidak pernah melihat matahari sepanjang hidupnya. Temuan ini juga memberikan titik terang tentang keberadaan makluk atau ikan aneh yang kerap terdampar di tepi pantai sebelumnya yang kerap dianggap sebagai makhluk Alien, dsj. Dengan terbatasnya pengetahuan ekosistem dibawah laut, diyakini bahwa makhluk – makhluk tersebut merupakan bagian dari hewan laut dalam yang belum diketahui oleh manusia saat ini.

sumber :http://artikelbahasaindonesia.org/artikel-pendidikan/wujud-salah-satu-monster-hewan-laut-dalam/

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan mengirim /menulis pesan yg baik dan dengan kata-kata yg sopan jika menulis pesan yg tidak baik terpaksa kami harus menghapus pesan anda